Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas bersama dengan PwC Southeast Asia Consulting, SAP Southeast Asia meluncurkan modul Performance & Goal Management (PMGM) secara virtual pada Kamis, 12 Mei 2022.
PMGM merupakan modul ketiga pada sistem ASTAR Project yang berbasis SAP SuccessFactors (SF) setelah Learning Management System (LMS) dan Succession and Career Development Plan (SCDP), untuk menunjang pengukuran kinerja terkini, terpadu, dan tersentralisasi di APP Sinar Mas.
Pengelolaan kinerja melalui PMGM merupakan elemen krusial dalam aspek sumber daya manusia, khususnya manajemen talenta di APP Sinar Mas. Sistem kinerja yang terukur dan spesifik akan membantu Perusahaan dalam mengidentifikasi dan mengembangkan talenta terbaik untuk menunjang strategi jangka panjang Perusahaan, dan secara adil dan objektif memberikan apresiasi dalam bentuk remunerasi seperti kenaikan gaji, bonus, hingga promosi.
Menetapkan dan Melacak Kinerja Sepanjang Tahun
PMGM menyediakan fungsi bagi karyawan untuk menentukan jenis, besaran, dan target KPI mereka dalam satu formulir khusus bernama KPI Plan. Pada KPI Plan juga terdapat opsi KPI cascading di mana para manajer dapat menurunkan KPI mereka kepada tim masing-masing untuk menciptakan keselarasan dalam pembuatan KPI.
Untuk memastikan kesesuaian KPI dengan peran dan tanggung jawab karyawan, maka KPI Plan harus melalui persetujuan manajer dan matriks manajer (jika ada). KPI Plan yang disetujui nantinya dapat diatur dan dimonitor sepanjang tahun.
Pengukuran Kinerja Berkelanjutan
PMGM dilengkapi dengan fitur Continuous Performance Management (CPM), di mana karyawan dapat meninjau kinerja mereka sepanjang tahun, tidak terbatas pada periode tertentu.
Fitur ini mendorong terwujudnya budaya coaching dengan memberikan karyawan APP Sinar Mas keleluasaan untuk menambahkan dan memperbarui aktivitas terkait pekerjaan yang dilakukan sepanjang tahun.
Melalui pengelompokkan aktivitas yang terstruktur, manajer selaku coach dapat mengidentifikasi kekuatan dan area perbaikan dari karyawan pada masing-masing aktivitas. Dengan demikian, fitur CPM akan memudahkan manajer dalam memberikan umpan balik yang konkrit, detail, dan terukur.
Umpan Balik yang Komprehensif
Pada modul PMGM, sistem Leadership Survey berbasis 360 assessment mendapatkan pembaharuan. PMGM menyediakan dua jenis Leadership Survey yang dapat dijadikan data tambahan dalam melakukan penilaian terhadap karyawan. Pemberi umpan balik dalam Leadership Survey mencakup karyawan (diri sendiri), manajer, rekan kerja, hingga subordinate.
Melalui PMGM, tim HR dapat memantau realisasi pengisian Leadership Survey dalam bentuk dasbor yang tervisualisasi dan interaktif. Selain mendukung kebutuhan presentasi, hal ini akan mempermudah tindak lanjut kepada pihak terkait agar umpan balik dapat dikirimkan tepat waktu.
Kalibrasi
Modul PMGM pada ASTAR Project juga memiliki fitur kalibrasi untuk memfasilitasi penetapan penilaian di penghujung tahun.
Kegiatan kalibrasi melibatkan manajer, kepala departemen, dan People Committee di APP Sinar Mas. Secara proses, manajer akan memberikan rating awal yang akan melalui proses peninjauan oleh kepala departemen, dan akhirnya difinalisasi oleh People Committee.
Fitur kalibrasi terintegrasi dengan fitur PMGM lainnya seperti Employee Profile dan Achievement dari CPM sehingga memudahkan fasilitator dalam mengakses data tersebut bilamana dibutuhkan. Sistem yang ada juga telah diselaraskan dengan SOP yang berlaku di APP Sinar Mas untuk memastikan proses kalibrasi yang terstruktur dan akuntabel.
PMGM dan modul ASTAR lainnya dapat diakses melalui link https://bit.ly/APP-ASTAR