Orang yang tepat untuk memberi tahu Anda tentang tren pasar kertas dan kemasan berkelanjutan di Amerika adalah Ian Lifshitz, Wakil Presiden Sustainability & Stakeholder Relations di Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas yang berbasis di Kanada.
Ian bergabung dengan APP pada tahun 2010 sebagai Manajer Hubungan Pemangku Kepentingan untuk AS dan perannya kemudian diperluas untuk mencakup Kanada serta Amerika Latin & Selatan.
Maklum, begitu banyak yang berubah dalam 13 tahun dia bersama perusahaan. “Ketika saya bergabung dengan APP, keberlanjutan bahkan bukan kata kunci, dan perubahan iklim sebagai istilah dan ancaman masih dalam tahap awal. Isu yang ditakutkan masyarakat adalah pemanasan global.”
Tidak mengherankan, banyak hal telah berevolusi dan sekarang ada tuntutan yang lebih besar pada produk dan produsen untuk mendapatkan dan memproduksi secara berkelanjutan, tidak hanya terhadap lingkungan tetapi juga dalam hal bertanggung jawab terhadap manusia & masyarakat.
Tidak lama setelah ia bergabung dengan APP, perusahaan meluncurkan Kebijakan Konservasi Hutan (FCP) yang diakui Ian sebagai momen penting dalam komitmen teguh perusahaan untuk menempatkan keberlanjutan sebagai inti bisnisnya.
Lebih dari sekadar menargetkan nol deforestasi, ini mewakili komitmen berani untuk melindungi hutan, memperketat ketertelusuran rantai pasokan, dan berinvestasi pada masyarakat & komunitas di dalam dan di sekitar operasi APP untuk meningkatkan kehidupan mereka dengan upaya meningkatkan mata pencaharian mereka dengan memberdayakan mereka dan memfasilitasi peralihan mereka ke pekerjaan alternatif.
“Ketika saya berbicara dengan pelanggan dan bertemu orang-orang di konferensi & pameran di seluruh Amerika Utara dan Selatan, jelas bahwa pekerjaan yang kami lakukan dan kemajuan yang kami capai menjaga kami tetap pada jalur untuk mencapai target bisnis & keberlanjutan perusahaan kami.”
“Jika kita melakukannya dengan benar di tingkat perusahaan, maka saya yakin kita berada dalam posisi yang kuat untuk mendukung dan berkontribusi pada upaya yang lebih besar untuk melindungi hutan dunia, kehidupan masyarakat yang lebih baik, dan menjawab panggilan pemerintah, pelanggan, dan konsumen untuk sektor swasta untuk meningkatkan dukungan terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan upaya mitigasi & adaptasi iklim yang diperlukan untuk melindungi planet kita.”
Sepanjang waktunya bersama APP, Ian juga melihat perusahaan berkembang dari penjual komoditas menjadi penyedia solusi sejati.
Ian yakin perusahaan telah melihat ke depan dalam berinovasi dan mengembangkan solusi berkelanjutan seperti dengan merek solusi kemasan makanan Foopak Bio Natura yang bebas plastik, dapat didaur ulang, dan dapat dibuat kompos. Karena keserbagunaannya, bahan tersebut dapat digunakan untuk mengemas cairan dan makanan panas, serta dapat digunakan dalam microwave dan dapat digunakan dalam oven saat memanggang.
Ini adalah pengubah permainan yang nyata karena peraturan berusaha untuk membatasi penggunaan plastik dan pelanggan & konsumen menuntut alternatif yang berkelanjutan untuk plastik dan menunjukkannya dengan dompet mereka. Untuk merek, solusi ini akan membantu mereka memenuhi perubahan global menuju pengemasan yang berkelanjutan dan menanggapi tuntutan konsumen yang berpikiran berkelanjutan, serta memenuhi target dan komitmen keberlanjutan mereka sendiri.
Di pasar di seluruh Amerika, Ian melihat perubahan sejak pertama kali bergabung pada tahun 2010, dan dia menjelaskannya menjadi tiga pendorong utama – (1) kesadaran dan permintaan yang lebih besar akan produk berkelanjutan oleh konsumen, (2) peritel mengubah kebijakan pengadaan dengan menempatkan keberlanjutan pada intinya dalam menanggapi permintaan pasar, dan (3) pemerintah menerapkan undang-undang termasuk larangan dan pajak atas penggunaan plastik sekali pakai.
Ini memiliki efek riak di seluruh rantai pasokan untuk kemasan makanan misalnya. Merek layanan makanan utama beralih dari plastik ke alternatif seperti serat yang dapat didaur ulang, dan konsumen lebih mudah menggunakan daya beli mereka untuk memaksa merek ini berubah, memilih merek dengan komitmen berkelanjutan, dan bahkan bersedia membayar lebih untuk pilihan yang berkelanjutan.
Pemerintah di benua Amerika khususnya, dari Kanada ke utara dan AS, ke Meksiko dan terus ke Peru, menerapkan undang-undang bebas plastik, memaksa pengecer dan merek konsumen untuk memikirkan kembali pilihan rantai pasokan dan kemasan mereka.
Karena Amerika adalah benua yang luas dan rumah bagi pasar konsumen yang besar, tentu saja terdapat perbedaan mencolok di setiap pasar.
Di Kanada, ada satu visi pembangunan berkelanjutan, yang berarti sebagian besar negara menerapkan undang-undang berkelanjutan serupa di tingkat provinsi atau nasional.
Di AS, peraturan diterapkan dan diadopsi oleh negara bagian demi negara bagian atau bahkan oleh kota atau kota kecil. Jadi kami melihat negara bagian seperti California dan New York mengambil pandangan progresif tentang hal-hal seperti menerapkan undang-undang daur ulang dan pengomposan di seluruh negara bagian, sementara di negara bagian lain masih muncul perdebatan tentang cara terbaik mengelola limbah kemasan.
Mengingat kesadaran akan keberlanjutan di antara konsumen di dua pasar konsumen perkotaan terbesarnya (California dan New York), APP melihat permintaan yang kuat untuk Foopak dan pilihan kemasan berkelanjutan lainnya, serta produk papan kertas.
Ian paling terkejut, tetapi terdorong oleh kemajuan dan tingkat kesadaran di antara pelanggan di Meksiko dan Peru. Kedua pasar tersebut adalah pasar yang sedang berkembang, menikmati pertumbuhan cepat yang didukung oleh kelas menengah inti yang sedang berkembang, dengan pendapatan yang lebih baik menciptakan keinginan untuk makan di luar, 'pengalaman restoran' di rumah dengan makanan dibawa pulang, dan umumnya membelanjakan lebih banyak untuk makanan dan ritel.
Ini membantu menciptakan peluang bagi APP dengan produk-produknya untuk mendukung dan membantu pasar-pasar ini merespon dengan cepat permintaan yang meningkat.
Seperti AS, Ian melihat produk-produk APP seperti Foopak, bahan kemasan, dan paper board & copy paper mendapatkan daya tarik di Amerika Latin & Selatan. Bangkitnya kelas menengah dan pertumbuhan ekonomi yang stabil telah membuat bagian dunia ini diam-diam tetapi semakin mendorong agenda keberlanjutan yang terbukti dari jumlah pemilih yang baik di acara pengemasan berkelanjutan besar seperti Expo Pack Mexico dan Pack Peru.
Melihat ke depan dan saat dunia pulih dari pandemi, Ian optimis bahwa industri kertas dan kemasan tidak hanya akan mengatasi penurunan bisnis yang disebabkan oleh pembatasan pergerakan dan kekurangan pasokan yang disebabkan oleh gangguan rantai pasokan, tetapi juga akan bergerak maju untuk menjadi lebih baik sebelum pandemi Covid-19.
Ketika orang-orang kembali bekerja dan sekolah, dan kehidupan kembali normal, dia mengharapkan permintaan untuk tumbuh dan menunjukkan masa-masa yang menyenangkan untuk bisnis ini.
APP telah berhasil beradaptasi dengan kebutuhan dan tren pasar, dan berkat jajaran produk Foopak Bio Natura, mampu merespons pertumbuhan bisnis pengemasan yang berkelanjutan.
Pertumbuhan layanan pengiriman makanan seperti Uber Eats, atau perusahaan bahan makan seperti Hello Fresh, menyebabkan kebutuhan kemasan yang lebih tinggi, sehingga mendorong lonjakan permintaan. Hal ini sebagian didorong oleh kaum milenial dan konsumen yang lebih muda yang lebih sadar lingkungan tetapi juga sering menggunakan layanan ini.
Dan kelompok inilah yang juga menuntut opsi pengemasan yang berkelanjutan – menjadikannya waktu yang tepat untuk bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab seperti APP dan produk inovatif seperti Foopak untuk membuat gebrakan besar di Amerika.