Selain memiliki unit usaha dan mitra pemasok yang tersebar di Indonesia, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas juga sudah meluaskan sayapnya memasuki kancah internasional. Pada awal tahun ini, salah satu unit usaha APP Sinar Mas, yaitu PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP) – Perawang Mill mendapat kunjungan media dari perwakilan kantor internasional APP Canada. Pada kunjungan ini, kami berkesempatan untuk mendalami perspektif mengenai karier, kepemimpinan, dan pasar internasional dari Ian Lifshitz, Head of Sustainability and Public Affairs APP Canada. Ikuti cerita menariknya di sini!
Ceritakan lebih lanjut tentang diri Anda dan perjalanan Anda bersama APP Canada, apa peran dan tanggung jawab utama Anda? Bagaimana hal tersebut sejalan dengan latar belakang dan keahlian Anda?
Latar belakang saya secara akademis maupun profesi adalah di bidang komunikasi, dengan sebagian besar pengalaman kerja saya berfokus pada keberlanjutan (sustainability). Sejujurnya, (dan saya merasa malu pada saat itu), saya bahkan tidak bisa menunjukkan lokasi Indonesia di peta. Setelah saya bergabung dan menghabiskan hampir satu bulan untuk mempelajari seluk-beluk operasional di Indonesia, barulah saya benar-benar menyadari cakupan dan ukuran Perusahaan ini dan betapa beruntungnya saya menjadi bagian dari organisasi global ini.
Sejak bergabung dengan APP Canada pada tahun 2010, tantangan apa yang menurut Anda merupakan rintangan terberat bagi Anda dan bagaimana Anda mengatasinya?
Hal yang luar biasa dari APP adalah kemampuannya untuk mendengarkan pasar, beradaptasi, berubah, dan tumbuh mengikuti dinamika pasar yang terus berkembang. Elemen-elemen dalam Kebijakan Konservasi Hutan kami, target 2020 & 2030, serta program-program lainnya tidak dikembangkan sendiri-sendiri, tetapi dibuat dengan pendekatan multi-pemangku kepentingan, termasuk masukan dari LSM dan konsumen, serta memperhatikan standar-standar global lainnya seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
13 tahun yang lalu, fokus kami adalah mencoba menjangkau dan mengedukasi pasar tentang praktik-praktik berkelanjutan kami. Dengan program-program yang selaras dengan standar pelanggan dan global, kami melihat pasar mengakui dan benar-benar mendukung perjalanan keberlanjutan kami.
Bagaimana Anda beradaptasi dengan perusahaan dan membawa perubahan positif?
Hal yang harus selalu diingat adalah peran kami sebagai pemasok, bagian dari rantai pasokan yang besar bagi banyak pelanggan akhir kami. Di Amerika sendiri, kami menghabiskan banyak waktu untuk mendengarkan pelanggan kami. Banyak dari mereka telah membuat komitmen berkelanjutan dalam kebijakan mereka dan bergantung pada kami untuk memahami kebutuhan mereka, mendukung tujuan mereka, dan menyesuaikan kebijakan kami untuk memastikan keselarasan.
Menurut Anda, apa yang membuat APP Canada istimewa?
Yang membuat pekerjaan saya unik adalah meskipun saya berada di Kanada, tanggung jawab saya mencakup tiga pasar yang berbeda dan berbeda: Kanada, Amerika Serikat, dan Amerika Latin/Selatan. Awalnya saya dipekerjakan sebagai Manajer Keberlanjutan untuk Amerika Utara, dan peran saya secara bertahap berkembang menjadi Kepala Keberlanjutan & Urusan Publik untuk Amerika.
Setiap wilayah sangat berbeda satu sama lain dengan prioritas dan model bisnis yang berbeda-beda dan terkadang saling bersaing. Selain bekerja di berbagai zona waktu dan bahasa, saya bertanggung jawab untuk memahami ciri khas masing-masing pasar, dan mengembangkan pendekatan pemasaran kreatif yang diperlukan untuk terus berkembang guna mendukung bisnis kami.
Bagaimana Anda menggambarkan kepemimpinan?
Hal yang saya pelajari dari atasan saya sendiri adalah untuk melihat kepemimpinan dalam perspektif kelompok. Seorang pemimpin harus mampu mengidentifikasi kemampuan dan kekuatan anggotanya, serta memberikan bimbingan atas hal-hal yang menjadi kekurangan anggotanya. Pemimpin yang kuat mendorong timnya untuk mengeksplor keluar zona nyaman dan menemukan kemampuan yang mungkin mereka sendiri tidak sadari.
Bagaimana Anda mendorong APP Canada untuk mempertahankan bisnis yang berkelanjutan dan terus berinovasi untuk masa depan yang lebih baik?
Pendekatan APP terhadap bisnisnya adalah selalu menjadi yang terdepan, mengamati dinamika pasar dan memenuhi tren tersebut secara langsung. Pendekatan kami terhadap keberlanjutan adalah pendekatan holistik, tidak hanya mencakup operasi kami, tetapi juga berdampak pada pengembangan produk kami. Dengan melihat ke depan, kami dapat menangani seluruh siklus hidup berkelanjutan dari produk kertas dan kemasan kami, mulai dari proses pembuatan serat hingga akhir masa pakai produk.
Apa hal terpenting yang Anda pelajari selama perjalanan karier Anda yang menurut Anda menarik untuk dibagikan?
Saya beruntung dapat bekerja sama dengan begitu banyak individu yang luar biasa di APP yang mendorong saya untuk terus belajar dan menjadi lebih baik lagi. Satu hal yang sangat penting bagi saya adalah mendengar dan menyimak, benar-benar meresapi, kemudian bereaksi. Masalah-masalah yang ada kadang tidak disampaikan secara langsung. Dalam hal ini, kita harus mengambil waktu untuk mendengar, menyimak, dan memahami isu utamanya. Komunikasi memang seringkali terjadi secara reaktif, tetapi ketika Anda menguraikan setiap masalah, isu, dan pertanyaan, Anda akan menemukan bahwa titik temu seringkali lebih dekat daripada yang Anda kira.