Dalam era persaingan bisnis saat ini, hanya perusahaan yang memiliki standar etika bisnis dan integritas tinggi yang dapat terus bertahan dan berkelanjutan. Seluruh perusahaan sedang terus berpacu untuk memenuhi standar etika tertinggi dan bisa diterima secara universal. Dalam rangka menjawab tantangan tersebut, tahun ini Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas melalui Departemen Ethics & Compliance (ECD) melakukan pembaruan terhadap Business Code of Conduct (BCOC) yang diluncurkan secara virtual pada tanggal 13 Agustus 2021 lalu. Diluncurkannya BCOC yang baru juga merupakan penanda dimulainya siklus pelatihan BCOC bagi karyawan APP Sinar Mas di seluruh dunia.
Penyelenggaraan acara BCOC Virtual Launch 2021 dengan tema “Etika dalam Bisnis APP Sinar Mas - Manfaat dan Implementasinya bagi Semua Pemangku Kepentingan” mengundang seluruh karyawan APP Sinar Mas dari seluruh lokasi kerja dan juga mitra bisnis perusahaan yang tercatat dihadiri oleh lebih dari 1.800 peserta. Melalui acara ini, karyawan, mitra bisnis, dan pemangku kepentingan lainnya diharapkan mampu memahami pentingnya etika dalam berbisnis dan berkomitmen untuk bersama-sama membangun budaya berbisnis yang beretika dan berintegritas tinggi.
BCOC Virtual Launch 2021 turut dihadiri oleh Head of Ethics & Compliance Department (ECD) APP Sinar Mas, R. Ius Oilianto, Head of Corporate Risk & Integrity (CRI) APP Sinar Mas, David C. Smith, serta Senior Partner RSM Indonesia dan President of Institute of Internal Auditors Indonesia, Angela Indirawati Simatupang.
Berikut beberapa rangkuman dari sesi tanya jawab BCOC Virtual Launch 2021 bersama dengan ECD Head APP Sinar Mas, R. Ius Oilianto:
Apa yang dimaksud dengan Etika Bisnis?
Etika bisnis merupakan rangkaian prinsip moral yang berlaku bagi setiap orang dalam menjalankan aktivitas usaha. Di APP Sinar Mas, BCOC berisi rangkaian prinsip moral dan menjadi acuan yang berlaku secara global, mencerminkan norma etika, budaya, dan karakter perusahaan, serta standar perilaku dan bisnis bagi seluruh karyawan APP Sinar Mas terhadap para pemangku kepentingan. BCOC dirancang untuk memberikan pedoman perilaku bisnis yang didasarkan pada Nilai Inti APP Sinar Mas, yaitu kejujuran dan integritas, serta merangkum kebijakan penting terkait etika dan kewajiban hukum yang harus dijalankan.
Setiap karyawan APP Sinar Mas, terlepas dari posisi atau jabatannya di perusahaan, memiliki kewajiban untuk membaca, memahami, dan mengimplementasikan BCOC dalam keseharian mereka, tanpa terkecuali, dimanapun mereka berada. Tujuannya adalah agar setiap orang yang bekerja untuk atau dengan APP Sinar Mas akan merasa yakin dengan standar etika yang tinggi, kejujuran, dan integritas kita.
Mengapa Kita harus membangun budaya Etika dan Kepatuhan dalam menjalankan bisnis di APP Sinar Mas? Apa manfaatnya bagi bisnis Perusahaan?
Di APP Sinar Mas, program etika bisnis dan kepatuhan secara keseluruhan merupakan tindak lanjut dari penghormatan dan perwujudan semangat, cita-cita, serta nilai-nilai luhur dari pendiri APP Sinar Mas, yaitu Bapak Eka Tjipta Widjaja. Pembangunan budaya etika dan kepatuhan memiliki manfaat sangat besar bagi perusahaan, terutama untuk keberlanjutan usaha. Pencapaian keberlanjutan dan pertumbuhan jangka panjang tidak dapat terjadi tanpa menjunjung tinggi standar perilaku yang beretika dalam operasi bisnis dan dalam berinteraksi dengan para pemangku kepentingan.
Dewasa ini, perusahaan diharapkan untuk memastikan manajemen etis dan terus berusaha untuk mencapai daya saing di atas landasan etika yang baik. Penerapan etika dalam berbisnis membantu manajemen dan karyawan dalam mengelola perusahaan dengan lebih baik, sehingga mengurangi risiko terkait operasional, hukum, dan risiko bisnis lainnya. Pada akhirnya, penerapan etika bisnis dapat membantu kita dalam mendapatkan kepercayaaan dari seluruh pemangku kepentingan, menjaga serta meningkatkan reputasi perusahaan.
Kesimpulannya, “good ethics is good business”. Sudah sewajarnya Kita berkomitmen untuk melakukan hal yang benar dalam semua hal yang Kita lakukan, yaitu dengan bertindak jujur dan memperlakukan satu sama lain dengan baik, adil dan berintegritas, termasuk dengan pelanggan, pemasok, mitra bisnis, dan masyarakat.
Sebagai ECD Head yang bertanggung jawab dalam program etika dan kepatuhan, bagaimana peran ECD dalam membangun program etika dan kepatuhan yang efektif serta berkesinambungan di APP Sinar Mas?
Sebagai perpanjangan tangan perusahaan, ECD bertanggung jawab untuk memastikan pemenuhan standar etika dan kepatuhan melalui pemenuhan perangkat kebijakan, prosedur, dan sistem yang secara terus menerus disesuaikan dan diperbaiki agar selalu selaras dengan petunjuk dan arahan dari pemegang saham, serta kondisi dunia usaha dan ketentuan perundangan yang berlaku.
Beberapa perangkat etika dan kepatuhan yang sudah dibangun oleh Perusahaan melalui ECD diantaranya adalah penetapan kebijakan terkait BCOC, Hadiah & Jamuan (G&E), Benturan Kepentingan (eKinship), serta Anti Penyuapan & Korupsi. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah bahwa Perusahaan juga telah membangun sistem Whistleblower sebagai sarana penyampaian keluhan dan penyimpangan dimana aspek kerahasiaan dan non-retaliasi dijamin dan dijunjung tinggi.
Untuk memastikan semua perangkat kebijakan tersebut terinternalisasi dan diimplementasikan secara efektif oleh seluruh karyawan dan mitra bisnis lainnya, diadakan pelatihan BCOC yang bersifat wajib sebagai fondasi dari pembangunan kultur etika bisnis dan kepatuhan di APP Sinar Mas. Seluruh karyawan di semua level dan semua wilayah operasional perusahaan, termasuk International Branch Offices (IBO) diwajibkan untuk ikut serta dalam Pelatihan BCOC yang akan dimulai pada bulan September 2021 ini.
Membangun Etika dan Kepatuhan menjadi sebuah budaya di Perusahaan tidaklah mudah dan membutuhkan proses serta perjalanan yang panjang. Apa kendala atau tantangan terbesar yang ditemui untuk mewujudkan cita-cita ini? Bagaimana upaya ECD membangun program sehingga Etika dan Kepatuhan menjadi sebuah budaya?
Dalam setiap proses membangun budaya etika dan kepatuhan memang cukup banyak tantangannya. Tantangan terbesar yang dihadapi APP Sinar Mas adalah jumlah karyawan dan pemangku kepentingan yang banyak dan sangat beragam, dengan demografi atau lokasi kerja yang tersebar di banyak lokasi, baik di dalam maupun di luar negeri. Sehingga, memastikan seluruhnya memiliki pemahaman dan interpretasi yang sama dalam satu bingkai besar lingkungan bisnis yang beretika menjadi tantangan besar yang harus dihadapi bersama oleh semua pihak.
Upaya-upaya ECD membangun program yang bisa tertanam menjadi budaya adalah dengan menjadikan aspek etika dan kepatuhan sebagai salah satu elemen utama dari strategi bisnis perusahaan, memastikan para pimpinan menjadi teladan dan memberikan contoh perilaku beretika yang baik, membangun budaya integritas tinggi melalui persiapan dan komunikasi perangkat kebijakan yang komprehensif, serta pelaksanaan program pelatihan dan sosialisasi etika dan kepatuhan yang efektif.
Upaya lainnya juga yakni dengan membangun budaya Speak Up yang handal dan menindaklanjuti semua laporan yang didasari dengan niat baik, serta memastikan akuntabilitas yang jelas ketika ada pelanggaran yang terjadi. Pada akhirnya, yang ingin dicapai adalah membuat seluruh karyawan APP Sinar Mas dan pemangku kepentingan lainnya terlibat dan berperan serta secara aktif dalam program-program yang telah di tetapkan, yang pada akhirnya akan menjadi kunci suksesnya ECD dalam membangun budaya beretika dan berintegritas tinggi.
Apa pesan yang ingin disampaikan kepada seluruh karyawan APP Sinar Mas dan mitra bisnis?
Pembangunan etika bisnis merupakan usaha bersama dan hanya bisa berhasil apabila kita semua berkomitmen untuk mewujudkannya. Program etika dan kepatuhan membutuhkan keterlibatan, kerja sama, dan kolaborasi yang baik dari berbagai elemen perusahaan, termasuk mitra bisnis.
Terima kasih atas komitmen dan upaya dari manajemen dan rekan-rekan karyawan yang telah memahami serta akan terus menjunjung tinggi standar etika dan integritas yang baik, dan menjadikan APP Sinar Mas sebagai tempat yang baik untuk bekerja dan berkarya. Bersama-sama Kita dapat memastikan bahwa aspek etika dan integritas tidak pernah dikompromikan di APP Sinar Mas. Seluruh manajemen APP Sinar Mas yakin bahwa kita dapat menjalankan bisnis sesuai dengan BCOC. Mari bersama-sama berkomitmen untuk menerapkan BCOC, demi membangun bisnis yang berkelanjutan dan menciptakan nilai tambah bagi semua pemangku kepentingan.