Generasi Muda seperti Gen Z dan Milenial merupakan sumber daya manusia penting yang akan mendominasi di masa depan. Oleh karena itu, APP Group menginisiasi suatu project bernama ATOWN. Sesuai dengan slogannya “Redefining APP Experience”, maka ATOWN dibentuk dengan tujuan untuk memberikan pengalaman interaktif dan menarik dalam rangka mengenal APP Group dan menarik kandidat-kandidat muda yang berpotensi untuk menjadi bagian dari perusahaan.
ATOWN dibagi menjadi dua produk digital yang user-friendly, yaitu Virtual Showroom dan Internal Social Media. Pengguna yang dapat mengakses ATOWN adalah pihak internal dan eksternal, di mana Virtual Showroom dapat diakses oleh semua pihak (internal dan eksternal) melalui website di perangkat mana pun. Sementara, Internal Social Media hanya dapat diakses oleh pihak internal melalui perangkat Android.
Dalam Virtual Showroom (https://atown.app.co.id/Showroom) terdapat tiga gedung virtual yang dapat diakses:
- APP Hall: pusat informasi tentang APP, mulai dari berita, kegiatan CSR dan usaha keberlanjutan, hingga produk dan pencapaiannya (dicerminkan dengan APP News Headline, CSR & Sustainability Efforts, About Sinarmas & APP, dan Products & Awards)
- APP Career Fair: berisi beragam informasi tentang pabrik-pabrik APP Group dan lowongan pekerjaan yang tersedia
- APP Arcade: tempat untuk pengembangan dan mengasah diri karyawan (dicerminkan dalam Theater dan Assessment Room)
Sementara itu, untuk Internal Social Media (https://play.google.com/store/apps/details?id=id.co.app.atown) terdiri dari berbagai fitur termasuk:
- Posting: fitur untuk mengunggah insight dan hasil pembelajaran, serta mengajukan pertanyaan terkait dengan bidang pekerjaan
- Praise: seluruh user dapat memberikan pujian kepada karyawan lain menggunakan nilai-nilai perusahaan, sebagai salah satu cara untuk internalisasi nilai perusahaan
- Quiz of the day: survey harian yang akan muncul pada homepage user sehingga user dapat merasa terikat dengan penggunaan aplikasi social learning
- Gamification: proses mengintegrasikan mekanisme game dalam program untuk meningkatkan partisipasi, engagement, dan ketertarikan user (level, XP, dan hadiah)
- Community: adanya komunitas formal dan informal sesuai dengan minat dan kebutuhan karyawan untuk mendapatkan informasi yang paling terbaru dan juga melakukan proses pembelajaran
- Widget: seluruh sistem perusahaan tersimpan dan terintegrasi untuk memudahkan user dalam mengakses
- Personality hint: setiap individu mampu memiliki profile pengguna yang terhubung dengan tes 16 personalities
Pembuatan ATOWN diinisiasi oleh Corporate Human Resource dan melibatkan pihak internal serta eksternal. Lebih lanjut, proses pembuatan ATOWN pertama-tama dicapai melalui langkah persetujuan dari People Committee pada bulan Juni 2022, berikutnya diikuti penyusunan konsep pada Agustus 2022, hingga akhirnya pengembangan untuk tahap 1 selesai pada Maret 2023.
Soft Launching ATOWN: Kenalkan Produk Digital kepada Gen Z di Lingkungan APP Group
Pada 11 September 2023, APP Group menggelar soft launching ATOWN di Wisma Indah Kiat, Serpong. Dengan mengangkat tema ‘Festival’, acara peluncuran produk ATOWN diberi nama A-Fest yang berarti ATOWN Festival. Acara yang diikuti oleh 175 peserta ini, berfokus pada para peserta generasi muda. Lebih dari itu, acara ini dimeriahkan dengan berbagai aktivitas yang menarik, dimulai dari demo Virtual Showroom dan Internal Social Media, photobooth 360°, penampilan musik, atraksi Zoomoov, dan snack corner.
Melalui penjelasan ATOWN di atas, diharapkan para pengguna ATOWN khususnya generasi muda semakin terbantu dalam mencari pengalaman kerja dan memiliki pengalaman kerja yang menyenangkan dan spektakuler di APP Group.
Now, Let’s Redefine APP Experience!
Virtual Showroom: https://atown.app.co.id/Showroom
Internal Social Media: https://play.google.com/store/apps/details?id=id.co.app.atown